Cara Melatih Anjing

dog-shake-hand_300

Mungkin Anda tidak sadar kalau sudah melatih anjing Anda pada saat pertama kali memeliharanya. Misalnya, dengan setiap kali Anda memanggil namanya, itu sudah melatihnya untuk datang kepada Anda jika dipanggil. Pengulangan beberapa kali dapat membuatnya menuruti perintah Anda.

melatih anjing

Berikut merupakan tips dasar dalam melatih anjing:

  1. Pelatihan anjing idealnya harus dimulai pada umur enam sampai delapan minggu. Namun, tidak pernah terlambat untuk memulai proses pelatihan.
  2. Ingat, kepribadian dan temperamen dari jenis masing-masing anjing berbeda. Dalam kasus seperti itu, akan bermanfaat untuk memahami mengapa anjing Anda berperilaku dengan cara itu, sifatnya, dan sebagainya.
  3. Batasi periode pelatihan untuk sekitar 15 menit per hari.
  4. Pilihlah satu orang dalam keluarga yang akan melakukan pelatihan kepada anjing. Jika semua orang dalam keluarga menggunakan perintah verbal yang sama, hal ini akan membingungkan anjing. Jadi pilihlah seorang anggota keluarga yang sabar dalam melatih anjing, karena kesabaran merupakan kunci dalam melatih anjing. Jika anjing sudah terlatih dengan baik, maka anggota keluarga yang lain dapat mulai menggunakan perintah yang sama.
  5. Latihlah anjing Anda secara bertahap, setidaknya setelah satu perintah dikuasai barulah menambah perintah lainnya. Perintah dapat mulai dari yang dasar seperti duduk, berbaring dan diam ditempat secara bertahap pindah ke trik sederhana seperti bersalaman, menggonggong dan berguling ke perintah yang lebih kompleks seperti menangkap bola, mengambil koran atau melompati lingkaran.
  6. Berilah ‘penghargaan’ (dapat berupa pujian, elusan atau makanan) saat anjing Anda dapat memahami pelatihan yang diterima, jangan terburu-buru memberikan hukuman atau cepat marah jika anjing Anda tidak dapat memahami pelatihan. Dengan memarahi anjing, Anda tidak akan membuat anjing Anda mengerti. Dalam memberikan hukuman, janganlah memukul anjing Anda. Tapi lakukanlah “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar berilah treat kesukaannya. Tapi jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda mau, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Bukan dengan pukulan. Hadiah bisa berupa: treat kesukaannya, pujian, dan elusan. Anjing sangat suka dengan perhatian, sehingga perhatian bisa menjadi hadiah bagi mereka.
  7. Terkadang berilah ia dorongan melalui makanan, tetapi jangan terlalu sering, jika terlalu sering kemungkinan anjing hanya akan menurut jika Anda sedang membawa makanan.
  8. Pakailah suara yang lembut dan menyenangkan. Beberapa anjing akan merespon lebih baik pada suara yang menyenangkan dan sedikit tegas. Cobalah beberapa intonasi dan suara untuk mengetahui intonasi dan suara yang mendapat respon terbaik oleh anjing.
  9. Ucapkan perintah sekali saja. Misalnya: Bianca, sit. Jangan: sit sit sit! Jika belum dilakukan, tunggulah 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Untuk awal, jangan berikan lebih dari dua  perintah, seperti: Bianca, sit, shake hand, down. Anjing bisa menjadi bingung. Tapi tunggulah sampai anjing Anda lakukan perintah yang perintah yang pertama, baru berikan perintah selanjutnya.
  10. Latihlah anjing di berbagai tempat. Semua perintah dapat dipraktekkan di rumah, di halaman, atau di taman. Jika melatih anjing Anda di bervariasi tempat, semakin besar kemungkinan dia akan belajar untuk taat dimanapun Anda berada. Pelatihan di tempat yang berbeda juga akan membantu mensosialisasikan anjing.
  11. Latihlah anjing Anda sambil bermain. Misalnya, jika Anda bermain dengan mengambil bola, minta anjing Anda untuk duduk sebelum Anda melemparkan bola. Katakanlah “Ayo” saat ia kembali dengan bola. Ini akan membantu anjing belajar untuk mengasosiasikan ketaatan dengan sesuatu yang menyenangkan.
  12. Mengintegrasikan pelatihan ke dalam kehidupan sehari-hari. Segera setelah anjing Anda belajar perintah, gunakanlah perintah secara rutin tidak hanya pada saat sesi pelatihan, dan berilah penghargaan dengan tepat. Mengintegrasikan perintah ke dalam kehidupan sehari-hari sesegera mungkin akan membantu memastikan bahwa anjing Anda belajar untuk mendengarkan semua jenis situasi, bukan hanya selama sesi pelatihan.
  13. Lihat mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum Anda latih. Jangan memaksa anjing Anda untuk latihan jika anjing Anda belum siap, apalagi sedang sakit. Jika dipaksakan, anjing Anda akan sering melakukan kesalahan, lalu Anda hukum, dan mental anjing Anda akan turun. Untuk membuat anjing Anda semangat lagi, membutuhkan waktu yang cukup lama.
  14. Anjing mempunyai perasaan yang kuat. Jika Anda bersikap tenang maka anjing Anda akan meniru sikap tenang Anda. Jika Anda sedang cemas, anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda.

Artikel ini dipublikasikan pertama kali oleh: jualbelianjing.com/melatih-anjing.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>