Cara Memotong Kuku Anjing

kuku-anjing

Kebanyakan anjing tidak suka kuku mereka dipotong. Ada baiknya kita melatih anjing sedini mungkin agar anjing tidak sulit untuk dipotong kukunya. Kuku anjing mulai dipotong sejak usianya mencapai 1 minggu, pemotongan kuku pada usia 1 minggu untuk menghindarkan bayi anjing melukai area sekitar puting susu induk pada saat bayi anjing sedang menyusui.

Berikut beberapa tips dalam memotong kuku anjing:

  1. Untuk anjing yang masih kecil Anda dapat menggendongnya. Perlu lebih berhati-hati saat memotong kuku anjing kecil. Tempatkan anjing kecil Anda pada tempat yang tinggi, karena biasanya anjing kecil takut pada ketinggian sehingga ia akan lebih berkonsentrasi pada ketinggian ketika pemotongan kuku. Jika anjing tetap berontak sebaiknya jangan dilakukan di dalam rumah atau di area tempat dia tinggal, cari area atau keluar rumah sehingga anjing merasa asing. Di tempat yang asing atau baru, anjing cenderung duduk atau berbaring. Pemotongan kuku harus berjalan cepat sebelum anjing beradaptasi ditempat yang baru.
  2. Untuk anjing berukuran medium sampai besar sebaiknya anjing diposisikan diatas meja agar anjing lebih sulit untuk kabur dari anda dan anjing cenderung berkonsentrasi di tempat yang lebih tinggi. Anjing dibaringkan, bagian kepala ditahan oleh tangan kiri anda sambil memegang kaki yang akan dipotong kukunya. Untuk memotong kuku kaki sebelah kiri sebaiknya anjing diposisikan miring. Mungkin Anda memerlukan bantuan seseorang untuk memegang posisi belakang tubuh anjing sambil mengelus-elus bagian tubuh sekitar leher agar anjing dapat lebih tenang.
  3. Gunakan gunting kuku yang dirancang secara khusus untuk hewan peliharaan. Mintalah dokter hewan atau groomer untuk memberikan saran tentang jenis gunting kuku yang terbaik bagi anjing dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Dan pastikan bahwa gunting kuku cukup tajam.
  4. Memotong kuku anjing harus hati-hati karena memang sulit membedakan batasan kuku dan pembulu darah di kuku anjing tumbuh menyatu. Kuku berwarna putih dan bening, sedangkan pembuluh darah berwarna merah muda pucat. Untuk kuku yang berwarna hitam Anda harus meraba dan merasakan agar tidak terjadi pendarahan. Mulailah dari ujung kuku sedikit demi sedikit, lihatlah tepi potongan kuku, jika Anda melihat jaringan merah muda pucat berhentilah. Anda dapat menggunakan kikir kuku untuk meratakan tepinya lebih lanjut.
  5. Jika ujung kuku berdarah jangan khawatir karena pembuluh darah tersebut cepat menutup. Tanpa diberi obatpun, pendarahan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Berilah tekanan dengan menggunakan obat penghenti pendarahan atau jika tidak ada dapat menggunakan abu rokok atau bubuk kopi. Gunakan jari anda atau bisa juga dengan menggunakan kapas untuk menekan bagian kuku yang mengeluarkan darah selama kurang lebih 5 menit. Jangan menggunakan kertas tisu karena kertas ini dapat menyerap cairan sehingga pendarahan susah dihentikan.
  6. Kuku jempol atau dewclaw penting untuk selalu dipotong agar kuku tidak menusuk/melukai kaki karena kuku tersebut tumbuh melengkung dan juga agar tidak melukai bola mata pada saat anjing sedang menggaruk bagian wajah.
  7. Potonglah kuku sekali atau dua kali sebulan. Kuku akan memanjang jika Anda tidak memotong kuku secara teratur, dan kuku yang panjang akan menyebabkan masalah yaitu dapat tumbuh ke dalam.
  8. Jika Anda malas memotong kuku anjing secara berkala tetapi tetap ingin kuku anjing Anda selalu pendek, ajaklah anjing Anda bermain atau berlari dijalanan beraspal atau yang permukaannya keras dan kasar sehingga kuku terus terkikir secara otomatis. Ajak anjing anda bermain bola, ketika anjing mengejar bola maka kakinya akan menekan lebih kuat ke permukaan aspal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>