Cara Merawat Anjing Sakit

Merawat anjing sakit bisa menjadi pengalaman yang menakutkan dan menegangkan. Kunci pertama untuk merawat anjing sakit adalah dengan membawanya ke dokter hewan untuk diagnosis penyakit secepat mungkin, karena akan sulit  untuk merawat dan mengobati anjing yang sakit secara efektif tanpa diagnosis. Sayangnya, beberapa pemilik terkadang menunda membawa anjing mereka yang sakit ke dokter hewan. Tips-tips berikut ini akan membantu pemilik anjing merawat anjing sakit, tetapi perlu diketahui langkah ini bukanlah pengganti kunjungan ke dokter hewan.

anjing sakit

  1. Mulailah dengan “dog log” (sebuah catatan gejala anjing dan tanda-tanda vital, yang harus diperiksa tiga sampai empat kali per hari). Informasi ini akan membantu pemilik dan dokter hewan untuk menentukan apakah anjing membaik atau memburuk. Perkembangan penyakit juga dapat memberikan petunjuk tentang apa penyakit atau penyakit yang mempengaruhi anjing.
  2. Periksa tanda vital anjing tiga sampai empat kali per hari dan menuliskan hasil dalam “dog log” Anda. Suhu normal anjing adalah antara 100,5-102,5°F. Pantaulah juga pernafasan, laju pernafasan yang normal akan bervariasi tergantung pada ukuran anjing. Seekor anjing yang lebih kecil akan memiliki tingkat pernafasan yang lebih cepat, sementara anjing yang lebih besar akan memiliki tingkat pernafasan lebih lambat. Kisaran normal adalah antara 10 – 30 nafas per menit.
  3. Periksa gusi anjing Anda. Apakah gusi anjing pucat? Jika demikian, ini menunjukkan penyakit. Gusi putih atau abu-abu di anjing menunjukkan penyakit akut yang memerlukan perhatian dokter hewan segera. Warna gusi yang tidak normal yang menunjukkan keadaan darurat medis termasuk biru, kuning atau gusi berwarna merah bata. Juga periksa gusi anjing untuk menentukan apakah anjing mengalami dehidrasi. Gusi anjing yang dehidrasi akan menjadi lengket dan kering, sedangkan gusi anjing yang tidak dehidrasi akan basah dan licin.
  4. Jagalah agar anjing tetap makan. Sering kali anjing yang sakit akan menolak untuk makan. Pancinglah anjing  Anda dengan memberikan makanan yang cukup mudah untuk dicerna. Anda dapat mengambil rekomendasi dari spesialis anjing tentang diet yang harus diberikan kepada anjing sakit. Anda juga perlu menjaga jadwal ketat untuk jumlah makan dan minum yang cukup agar kondisi kesehatan anak anjing Anda kembali normal.
  5. Jauhkan anjing dari dehidrasi. Tambahkan Pedialyte tanpa rasa ke air anjing dengan perbandingan 50-50 untuk memerangi dehidrasi. Jika anjing berhenti minum sama sekali, Anda akan memiliki 12 sampai 24 jam untuk mendapatkan anjing untuk kantor dokter hewan sebelum dehidrasi mulai serius, yang dapat memperburuk organ anjing dan memperburuk penyakit.
  6. Apakah anjing sulit bernapas? Batuk? Bersin? Mendesah? Ini semua adalah gejala infeksi pernapasan. Hal ini sering dapat menyebabkan kesulitan bernafas, dan jika tidak ditangani, anjing akan mengalami pneumonia dan mati. Untuk membantu pernapasan lebih mudah, dapat menempatkan humidifier di dekat tempat tidur anjing. Jika tidak ada humidifier, dapat membawa anjing Anda ke dalam kamar mandi beruap selama 20 menit pada satu waktu, beberapa kali per hari untuk mempermudah pernafasan. Seekor anjing dengan infeksi pernapasan harus dipisahkan dari anjing lain, karena infeksi saluran pernapasan cenderung menular.
  7. Setelah Anda mengunjungi dokter hewan, berikan anjing Anda obat dari resep dokter hewan. Memberikan dosis yang tidak tepat dapat mempengaruhi kemampuan anjing untuk pulih dari penyakit. Bahkan sekali anjing telah memulai pengobatan, terus pantau anjing dan terus tulis perkembangannya dalam ‘dog log’ Anda. Dalam beberapa kasus, anjing mungkin memerlukan pengujian diagnostik tambahan jika dia tidak merespon pengobatan.
  8. Pastikan bahwa Anda menjaga kebersihan anjing dan juga menjaga area sekitar rapi dan bersih. Bersihkan mata dan telinga anjing anda secara teratur dan menjaga kebersihan bulu dan kulit. kotoran hewan peliharaan ini harus dibuang dan debu harus disapu untuk menghindari adanya mikroorganisme sekitar peliharaan kita. Pastikan bahwa hewan peliharaan tidak menggigit, karena dapat menularkan penyakit ke anjing lain di rumah.
  9. Luangkan waktu lebih banyak untuk mengajak anjing anda berjalan-jalan, akan tapi pastikan tidak sampai keletihan. Salah satu poin perawatan anak anjing adalah membuat anjing Anda berolahraga secara teratur, seperti yang direkomendasikan oleh dokter.
  10. Cinta adalah obat mujarab. Seperti halnya kita, anak-anak yang sakit akan selalu ingin ditemani, hewan peliharaan Anda yang sakit juga mungkin ingin bersama Anda dengan waktu yang lebih lama dari biasanya. Menyediakan waktu khusus untuk anjing Anda akan membuatnya merasa dicintai dan dimanja. Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk melihat anjing anda cepat sembuh dari suatu penyakit.

Artikel ini dipublikasikan pertama kali oleh: jualbelianjing.com/cara-merawat-anjing-sakit.htm

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>