Cara Merawat Anjing

merawat anjing

merawat anjing

Beri anjing Anda kalung dan lampirkan ID di sana, lengkap dengan nama anjing, nama Anda, alamat, dan nomor telepon. ID akan terbukti sangat membantu ketika anjing Anda tersesat. Melalui informasi yang diberikan pada ID, seseorang akan mampu membawa hewan peliharaan Anda kembali dengan selamat ke rumah Anda.

Mandikan anjing Anda secara rutin jika diperlukan. Namun perlu diingat, memandikan terlalu sering dapat menyebabkan kulit dan bulu kering, dan juga dapat mengakibatkan infeksi kulit. Yang terbaik adalah memandikan anjing anda sekali dalam sebulan. Bila anjing Anda terlalu kotor, gosoklah dengan handuk basah, dan cuci hanya pada cakarnya.

Lakukan pemeriksaan fisik pada anjing Anda setiap bulan. Periksa kakinya dan mulutnya. Pastikan menjaga telinga serta gigi selalu bersih. Bawa anjing Anda ke dokter hewan secara rutin untuk check-up, minimal setiap 2-3 bulan. Jika Anda tidak ingin mengembang-biakkan anjing Anda, berkonsultasilah dengan dokter hewan. Ini akan membantu anjing hidup lebih lama, lebih sehat dan memiliki masalah perilaku lebih sedikit. Lakukan vaksinasi terhadap penyakit rabies dan lainnya.

Lakukan diet bergizi seimbang untuk anjing Anda. Pastikan akses yang mudah untuk air tawar. Sebelum memutuskan pada diet yang tepat untuk anjing Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

Jika Anda ingin anjing Anda untuk tetap fit dan sehat, maka Anda perlu memastikan latihan teratur baginya. Bawa dia berjalan-jalan dua kali sehari. Bermainlah dengan dia. Tingkat latihan setiap anjing berbeda-beda, tergantung pada jenis dan usia. Tidak dianjurkan untuk terus-menerus mengikat anjing Anda, karena ini akan menyebabkan kebosanan dan menghasilkan bertabiat buruk dari anjing juga. Sebisa mungkin, biarkan anjing Anda terbebas dari tali.

Sediakan tempat penampungan yang layak bagi anjing Anda, terutama dalam bentuk sebuah rumah anjing (dan halaman pagar, dalam kasus anjing besar dan aktif). Ingat, sebagian besar anjing mendambakan persahabatan dan tidak suka sendirian untuk waktu yang lama. Cobalah untuk menghabiskan banyak waktu dengan anjing Anda selama mungkin. Pergi ke rumah anjing hanya di malam hari saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>