Tanda-tanda Sakit Pada Anjing

anjing sakit

Hewan peliharaan yang sakit tidak dapat mengatakan sakitnya dengan kata-kata, mereka akan menunjukkan melalui gejala fisik atau perubahan perilaku. Oleh karena itu perlu perhatian khusus kepada hewan peliharaan agar kita bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka.

anjing sakit

Berikut merupakan panduan untuk mengenali tanda-tanda sakit pada anjing Anda:

  1. Mata
    Mata yang sehat yaitu cerah dan bersinar. Lendir dan air mata yang keluar sedikit dan jelas masih bisa dikatakan normal. Lapisan merah muda pada kelopak mata tidak boleh meradang, bengkak, atau berwarna kuning. Bagian putih mata anjing seharusnya tidak berwarna kekuningan. Kondisi mata tiba-tiba membengkak atau keluar serta berwarna kemerahan sebaiknya segera ke dokter untuk memeriksakannya.
  2. Hidung
    Hidung anjing biasanya dingin dan lembab. Lubang hidung anjing tidak berwarna kekuningan, tebal, penuh, dan tidak berbau busuk. Kondisi anjing yang tidak sehat bisa dilihat bila kondisi hidungnya yang terus menerus mengeluarkan cairan, mengeluarkan gumpalan atau cairan lainnya.
  3. Telinga
    Kulit dalam telinga anjing berwarna merah muda, bersih dan terdapat sedikit lapisan lilin berwarna kuning atau kecoklatan. Anjing yang sehat telinganya tidak terlihat kemerahan, tidak bengkak di dalam telinga, tidak mengeluarkan cairan, kotoran, atau bau, tidak sering menggaruk telinga, maupun sering menggeleng.
  4. Mulut, gigi dan gusi
    Gusi yang sehat berwarna merah muda, hitam, terlihat seperti kulit anjing. Anak anjing memiliki 23 gigi bayi dan anjing dewasa memiliki sekitar 42 gigi dewasa, tergantung jenis ras anjing. Pastikan gusi sehat dan nafas tidak berbau busuk. Infeksi mulut dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh, termasuk jantung. Waspadalah jika anjing telihat gatal-gatal, batuk, dan bersin yang sering. Jika anjing Anda muntah dengan sering disertai demam, terlihat depresi atau sakit, atau memuntahkan darah, maka Anda harus segera memanggil dokter hewan.
  5. Pernafasan
    Hubungi dokter hewan Anda jika selama lebih dari 2 hari nafas anjing Anda tidak teratur maupun terengah-engah seperti susah bernafas
  6. Pencernaan
    Anjing tidak sehat jika sering buang air, dan kotoran encer, bau bahkan mengeluarkan darah atau sembelit. Seekor anjing yang sehat, kotorannya solid dan lembab. Kotoran yang kering, keras yang menyebabkan mengejan ketika buang air besar merupakan indikasi bahwa anjing Anda tidak cukup mengkonsumsi air, atau hal tersebut dapat merupakan petunjuk dari masalah kesehatan yang lain. Kotoran yang terpotong-potong seperti butiran nasi mengindikasi adanya cacing.
  7. Nafsu makan
    Pada umumnya anjing yang dalam kondisi baik memiliki nafsu makan yang bagus. Jika anjing Anda tidak mau makan selama dua hari, Anda harus memanggil dokter hewan. Anjing yang tidak pernah mencuri makanan dan tiba-tiba saja mencuri makan, atau mengorek tong sampah, memberi Anda petunjuk bahwa Anda harus membawanya ke dokter hewan.
  8. Badan
    Jangan biarkan anjing Anda terlalu gemuk, obesitas sering berlanjut menjadi masalah kesehatan yang serius. Jika anjing Anda sehat, Anda dapat merasakan tulang rusuk di bawah permukaan kulit tanpa banyak lapisan (lemak). Suhu normal tubuh anjing adalah 38,3-39,2 derajat Celsius. Mengambil suhu tubuhnya adalah cara yang baik untuk mengetahui adanya indikasi penyakit.
  9. Kebutuhan akan air
    Seekor anjing yang minum air lebih banyak dibanding biasanya kemungkinan terserang diabetes atau penyakit ginjal. Anda mungkin tidak menyadari anjing Anda telah mengkonsumsi air yang banyak, tetapi Anda dapat memperhatikan berapa banyak urinnya. Anjing yang kurang minum juga mengindikasikan bahwa anjing tersebut kurang sehat.
  10. Air kencing
    Urine yang sehat berwarna kuning jernih. Kebanyakan anjing dewasa buang air besar satu atau dua kali sehari. Perhatikan apakah ada perubahaan warna dan dan kekentalan, jumlah dan frekuensi air kencing meningkat / berkurang atau tidak.
  11. Kulit dan bulu
    Seekor anjing yang sehat memiliki bulu yang lebat dan mengkilat. Bulu yang kusam, kasar, kering atau memiliki kebotakan merupakan tanda bahwa ada masalah dengan anjing Anda. Cek apakah anjing memiliki kutu atau parasit kulit lainnya. Luka, bulu rontok pada sebagian tempat, lecet, terkelupas, goresan, warna berubah, atau terdapat benjolan yang mungkin saja tumor.
  12. Perilaku
    Tanda lain yang lebih jelas adalah lesu, depresi, malas bergerak, gelisah, mudah ngantuk/tidur, susah untuk berjalan. Seekor anjing yang lesu menunjukkan tanda-tanda bahwa ia tak ingin pergi untuk jalan-jalan, meskipun biasanya ia akan melakukannya. Ia tak ingin bermain, meskipun hal tersebut merupakan permainan favoritnya.

Artikel ini dipublikasikan pertama kali oleh: jualbelianjing.com/tanda-tanda-sakit-pada-anjing.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>